Minggu, 04 Maret 2012

Solusi Teknologi Informasi untuk Dunia Kesehatan Indonesia
 

        Abad 21 merupakan era teknologi informasi, di mana segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan manusia pasti berkaitan/menggunakan teknologi informasi. Perkembangan dunia teknologi informasi sangat pesat, yang ditandai dengan perkembangan internet, sehingga dapat dikatakan bahwa yang mereka menguasai informasi & teknologi adalah yang ‘menguasai dunia’.
Di dunia kesehatan, informasi adalah hal yang sangat penting, karena semua hal mengenai pasien adalah informasi yang harus dikelola dengan baik & aman, sehingga dibutuhkan suatu sistem yang aman & berjalan lancar agar seluruh informasi itu dapat digunakan untuk kepentingan pengobatan pasien.
       Namun, tidak semua pengelola & praktisi sarana pelayanan kesehatan sadar akan pentingnya penggunaan teknologi informasi sehingga pelayanan terhadap pasien tidak dapat dilaksanakan dengan baik, pada akhirnya terjadinya peningkatan biaya & berkurangnya pendapatan dari sarana pelayanan kesehatan akibat tidak efisiennya pelayanan yang diberikan pada pasien.
Salah satu akibat dari informasi yang tidak dikelola dengan baik adalah terancamnya keamanan & keselamatan pasien. Misalnya di Amerika Serikat, penulisan resep yang sulit dibaca telah mengakibatkan kematian sekitar 7000 pasien & mencederai sedikitnya 1,5 juta pasien setiap tahunnya. Hal ini dapat mengakibatkan banyak dampak negatif bagi sarana pelayanan kesehatan, seperti turunnya kredibilitas/citra, berkurangnya pendapatan, & tuntutan hukum terhadap sarana pelayanan kesehatan.
      Hal ini dapat dihindari jika pihak pengelola & praktisi sarana pelayanan kesehatan menggunakan teknologi informasi dengan baik, contohnya resep elektronik yang dapat mengurangi kesalahan pembacaan oleh pihak lain yang mengolah informasi resep tersebut menjadi obat yang diberikan pada para pasien.
Bahkan, lebih dari sekadar menghindari kesalahan pembacaan resep, tetapi sistem resep elektronik yang merupakan bagian dari sistem catatan kesehatan pasien elektronik (electronic health record) dapat membantu tenaga kesehatan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang biasanya terjadi dalam peresepan obat, misalnya interaksi obat, cara pemakaian yang salah, peresepan obat yang aman pada ibu hamil, atau pencegahan reaksi alergi akibat obat.
Informatika-Kesehatan.web.id hadir untuk memberikan solusi teknologi informasi bagi dunia kesehatan, sehingga kemajuan teknologi informasi dapat digunakan untuk:
- Peningkatan kualitas pengelolaan sarana & pelayanan kesehatan
- Penyebaran informasi & pendidikan kesehatan
- Peningkatan keamanan & keselamatan pasien
Sehingga, akan terjadi:
- Peningkatan citra & pendapatan sarana pelayanan kesehatan
- Peningkatan loyalitas pengguna sarana pelayanan kesehatan
- Turunnya jumlah masalah hukum dalam sarana pelayanan kesehatan
Informatika-Kesehatan.web.id didukung pengalaman luas dalam bidang teknologi informasi maupun bidang pelayanan kesehatan, sehingga dapat memberikan konsultasi & solusi teknologi informasi yang tepat & sesuai dengan kondisi sarana kesehatan kesehatan.
Untuk konsultasi, pertanyaan, & informasi lebih lanjut dengan Informatika-Kesehatan.web.id mengenai solusi teknologi informasi (termasuk internet) dalam dunia kesehatan yang sesuai dengan kondisi sarana kesehatan masing-masing, seperti:
- Praktik dokter/dokter gigi pribadi
- Apotek
- Laboratorium
- Klinik
- Rumah bersalin
- Rumah sakit
- Akademi/Sekolah tinggi ilmu kesehatan
- Fakultas kedokteran/kedokteran gigi/keperawatan/farmasi
- Asuransi kesehatan
- LSM kesehatan
- Dinas kesehatan

 sumber : http://teknosehat.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar